Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org Part 3

503 views

Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org

Ulasan Singkat Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org dan mana terbaik untuk kamu?

WordPress.com dan WordPress.org di kembangkan oleh satu perusahaan yang sama, Hanya saja ada banyak perbedaan WordPress.com dan WordPress.org baik dari segi fitur dan pendukung lainnya, untuk wordpress.com ini, memudahkan pengguna untuk membuat website tanpa di ribetkan oleh pengolahan database yang ada di hosting karena sudah di tangani oleh pemiliknya yaitu wordpress.com dari semua struktur website sudah disediakan oleh wordpres.com, kita tinggal buat artikel saja dan menambahkan beberapa plugin dan tema yang sesuai dengan selera kamu sobat,  sedangakan untuk wordpress.org diharuskan untuk memiliki domain dan hosting, yang jelas meskipun wordpress.org gratis tapi domain dan hostingnya yang berbayar, wordpress ini termasuk CMS yang paling banyak penggunanya diseluruh dunia, baik untuk website personal, jual beli online, perusahaan bahkan untuk instalasi pemerintahan, karena wordpress org ini sangat banyak dukungan tambahannya, mulai dari plugin, dan tema untuk melengkapi dan memperindah tampilan websitenya. wordpress.org dikenal oleh para blogger sebagai website selfhosting, karena websitenya berjalan secara mandiri sesuai dengan pilihan penggunannya.

Berikut beberapa perbedaan yang harus kamu ketahui:

  1. Tema dan custom desain
    WordPress.com: pilihan tema bisa di akses melalui wp.com, kamu bisa menambahkan CSS cutom untuk tema tersebut. Sedangkan untuk WordPress.org: siapapun dapat membuat tema sendiri sesuai dengan kemampuan dengan pemahaman coding CSS, HTML, PHP, Jquery atau Javascript, yang pintar membuat tema wordpress.org bisa menjualnya secara online, sedangkan tema gratis bisa akses di wp.org, jadi perbedaan secara gampangnya jika yang dotcom custom tema terbatas sedangkan yang wp.org tema bisa buat sendiri.
  2. Hosting
    Wp.com menyedikan hosting secara gratis dan bandwidth unlimited sedangkan yang wp.org kamu perlu menempatkan wordpressnya di dalam hosting, ini sangat diperlukan bahkan penting untuk memilih hosting yang handal dan berpengalaman, sedangakan biaya sewa hosting itu bervariasi mulai dari 50rb perbulan atau lebih, tergantung seberapa besar websitemu saat di bangun.
  3. Domain
    secara Default domain kamu adalah http:contoh.wordpress.com untuk menggunakan domain custom kamu harus membayar sekitar 35rb perbulan sedangkan untuk wp.org kamu bisa memilih domain yang paling murah sesuai nama ekor yang kamu inginkan, baik .com, .net, .org, dan lain sebagainya.
  4. Proses Upgrade
    Wp.com akan membantu mengaupgrade seluruhnya untuk kamu bahkan tanpa kamu sadari, sedangkan untuk wp.org kamu harus melakukan upgrade sendiri wordpress kamu yang menampilkan pesan update jika sudah ada versi terbaru di dashboard baik wordpress, tema bahkan plugin – plugin yang kamu instal, tapi ini gampang kok tinggal install dan beres.
  5. Backup
    Wp bisa backup dengan eksitensi file jenis XML dengan mendownloadnya sedangkan untuk wp.org kamu perlu mengaturnya sendiri atau bahkan dengan bantuan plugi untuk backup otomatis.
  6. Plugin
    Wp.com banyak plugin tapi terbatas bahkan tidak ada pilihan plugin untuk di custom, sedangkan untuk wp.org pilhan plugin sangat banyak, tapi berhati hatilah memilih plugin untuk wordpress kamu agar performa website kamu tidak berat.
  7. SEO
    Wp.com sangat SEO Friendly karena websitemu sudah menjadi bagian dari jutaan blog yang trafiicnya tinggi, tapi kamu tidak memiliki kontrol untuk memodifikasi tag judul, meta deskripsi. Sedangkan untuk wp.org tersedia banyak plugin untuk membantu websitemu lebih SEO Friendly dan memberimu kontrol untuk optimasi sesuai dengan kamu yang butuhkan.
  8. Tombol Share
    Wp.com dilengkapi tombol share dan link media sosial pada konten kamu sedangkan di wp.org kamu harus mengintal plugin untuk fitur share itu sendiri, tapi jangan kuatir tema-tema gratis sekarang sudah ada tombol sharenya.
  9. Harga
    Wp.com jelas ini benar – benar gratis sedangkan wp.org hanya bayar domain dan hosting aja kok.

Pembahasan di atas yaitu perbedaan wordpress.com dan wordpress.org adalah sebagai bahan pertimbangan sobat sobat yang bingung mana yang terbaik untuk membuat website mau yang gratis atau berbayar silahkan untuk dipertimbangkan sesuai dengan kamu pilih ya. jika mau yang gratis pakai saja wordpress.com, dan untuk tutorial tambahan kami akan sediakan link yang sudah kami janjikan di pembahasan artikel diatas, silahkan baca artikelnya dibawah sini ya;

Bagi membaca IDpoin yang belum membaca di bagian Part, silahkan dilihat terlebih dahulu dibawah ini, tapi jika sudah abaikan saja.

Seperti biasa terima kasih sudah membaca artikel:

Apa Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org untuk membangun website?

dan jangan lupa silahkan klik share ya jika artikel ini bermanfaat biar kamu mendapatkan pahala karena memberikan ilmu ke temanmu yang lain, terima kasih

buat website dengan wordpress hosting untuk wordpress mana yang terbaik antara wordpress.com atau org wordpress.com wordpress.org wp.com vs wp.org

Posting Terkait