Macam Macam Web Server Gratis Untuk VPS Hosting

497 views

Macam Macam Web Server

Berikut Macam Macam Web Server Gratis Untuk VPS Server Yang Harus Kamu Ketahui

Secara garis besarnya, web server itu dibagi menjadi 2 jenis, web server premium dan web server gratis. Tapi IDpoin hanya akan membahas web server yang versi gratis yang open Source, karena yang bayar itu biasa untuk kelas perusahaan besar, sedangkan yang versi gratis paling banyak di gunakan untuk kelas kecil sampai menengah, karena open source yang bisa di modifikasi dan tentunya gratis. di artikel ini akan membahas macam2 web server, dan perbedaannya, baik itu kelebihan dan kukurangan dari masing masing tersebut. berikut ini web server yang paling banyak digunakan dan paling populer, diantara:

  1. Apache
    ini paling urutan teratas dari jajaran web server yang populer dan paling banyak digunakan saat ini. Apache menguasai pangsa pasar sekitar 40% lebih yang di gunakan oleh pengguna seluruh dunia, dengan jumlah situs kurang lebih dari 500 juta. Dengan prestasi ini Apache menempatkan dirinya sebagai web server yang paling diperhitungkan, dan bahkan jika dibandingkan dengan web server premium sekalipun, Meskipun pada awalnya apache ini hanya didesain untuk sistem operasi di lingkungan UNIX, tapi pada perkembangannya, web server yang satu ini juga mendukung sitem operasi Windows. Dengan adanya dukungan pada berbagai sistem operasi, bersifat open source atau gratis dan sangat mudah digunakan, inilah yang kemudian menjadi daya tarik tersendiri bagi banyak web master untuk menggunakan web server besutan Apache Software Foundation yang satu ini.
  2. Nginx
    Web server nginx ini baru dirilis 9 tahun setelah Apache, Tapi meskipun baru di dunia web server, pengguna web server nginx terus mengalami peningkatan setiap tahun. Bahkan terus berjalannya waktu nginx sudah menguasai web server dunia kurang lebih 15% dari total pangsa pasar web server yang ada saat ini, dengan jumlah situs lebih dari 200 juta situs. Nginx ini terbilang lebih stabil dan hemat resource, sehingga banyak web master yang memiliki spesifikasi server tidak terlalu besar lebih memilih menggunakan nginx sebagai web servernya ketimbang dari pada web server gratis lainnya. Selain mendukung sitem operasi Linux seperti Centos, RedHat, Debian dan Ubuntu, Nginx juga mendukung beberapa versi dari sistem operasi Windows dan Solaris.
  3. Apache Tomcat
    Apache Tomcat sebenarnya pengembangan terpisah dari Apache, dan Apache Tomcat untuk Server dipisahkan dari Apache Web Server karena fungsinya berbeda diantara keduanya. perbedaan apache dan tomcat, adalah, Apache Web Server dibuat untuk melayani aplikasi-aplikasi httpd seperti PHP atau Perl. Sedangkan Apache Tomcat dibuat untuk aplikasi-aplikasi Servlet seperti JSP. Apache Tomcat merupakan salah satu servlet atau web container yang paling populer di lingkungan pemrograman web java. Apache Tomcat bersifat open source dan menguasi kurang dari 1 persen dari keseluruhan pangsa pasar web server yang ada saat ini.
  4. Lighttpd
    Web Server yang mengklaim sebagai web server paling hemat resource ini pertama kali rilis pada bulan Maret tahun 2003 lalu. Lighttpd sebenarnya usianya lebih tua dari Nginx, tapi pengguna Lighttpd sangat jauh dibanding dengan pengguna Nginx. sampai saat ini Lighttpd penggunanya kurang dari setengah persen dari total pangsa pasar web server lain di dunia. Lighttpd ini dapat berjalan di sistem operasi Linux, Windows dan sistem operasi UNIX lainnya.

Dari 4 macam macam web server diatas yang gratis, sebenarnya masih banyak web server gratis lain yang dapat anda gunakan seperti OpenLiteSpeed, Tengine dan lain sebagainya. Namun dari semua web server gratis yang ada, 4 web server tersebut diatas adalah yang paling banyak digunakan pengguna web master saat ini. Sisanya digunakan kurang dari 0.1 persen dari total situs yang ada saat ini. server paling banyak digunakan biasanya memiliki kelebihan-kelebihan (fitur) jika dibandingkan web server lainnya. Disamping web server yang paling banyak digunakan biasanya memiliki forum aktif untuk berdiskusi dan memecahkan berbagai macam permasalahan dari pengguna lain yang menggunakannya. untuk jenis jenis tersebut IDpoin hanya menggunakan Apache dan Nginx, karena IDpoin menggunakan server berbeda dalam menangani data web ini, data pendukung menggunakan Apache dan data utama IDpoin menggunakan Nginx karena data utama harus lebih sedikit menggunakan CPU server, karena Nginx dikenal dengan penggunaan CPU Server yang sedikit dibandingkan dengan Apache yang dikenal boros penggunaan CPU Server.

dari paparan diatas mudah mudahan Sobat IDpoin memahaminya, dan seperti biasa terima kasih sidah membaca artikel:

Macam macam web server linux untuk VPS Hosting

Untuk artikel lainnya bisa bara di bawah ini

dan jangan lupa untuk bagikan artikel ini jika bermanfaat ya,  Salam IDpoin

apa iti nginx apa itu apache apa itu apache tomcat apa itu lighttpd jenis web server

Posting Terkait