Cara Setting DNS Cloudflare Untuk Domain ke VPS

479 views

cara setting dns cloudflare

Cara setting dns cloudflare di namesilo untuk VPS Hosting

CloudFlare itu adalah sebuah CDN yang kependekan dari (Content Delivery Network), cloudflare ini memiliki fitur yang powerfull dibandingkan dari standart CDN provider lain yang ditawarkan. dan masih banyak lagi keuntungan menggunakan CDN Cloudflare ini, tapi ada juga beberapa kerugian dari CDN CloudFlare. CloudFlare adalah sebuah CDN yang sebagai perwakilan pengantar data dari domain dan VPS hosting. anggap saja cloudflare berada di antara domain dan VPS sobat, kenapa di tengah2? karena CDN berfungsi untuk menyimpan data website untuk di sajikan ke pengguna dalam bentuk website statis, jadi CDN ini berfungsi untuk meringankan website untuk mengambil data ke VPS langsung, dengan CDN website data bisa sekitar 60% diambil dari server dan sisanya CloudFlare yang menyediakan, dan ini mengurangi beban server agar tetap stabil, cloudflare ini menyediakan fitur tambahan keamanan untuk DDoS attack, selain itu sumber utama sebagai website cache statis yang membuat website dapat dimuat lebih cepat.

CloudFlare adalah layanannya ada dua, gratis dan berbayar, dengan paket berbayar biasanya untuk website yang super sibuk atau traffic tinggi. karena ini memberikan kemampuan mengubah web hosting tanpa harus menunggu propagasi name server. Misalnya, ketika sobat memiliki website dengan host “A” dan ingin pindah ke host “B” dengan IP berbeda, Kita dapat melakukan perpindahan hanya beberapa menit saja ketika sobat menggunakan CDN Cloudflare. Tapi jika tidak menggunakan CloudFlare, proses pemindahan mungkin dapat memakan banyak waktu. Data center  yang dimiliki Cloudflare sangat banyak di seluruh dunia, sehingga pengunjung website sobat dengan cepat dilayani oleh data center yang terdekat dengan Pengguna, misalnya di indonesia data center cloudflare terdekat berada di singapore.

Dibawah ini beberapa keuntungan CloudFlare

  • Dapat menyembunyikan IP Server VPS hosting sebagai antisipasi hacker tidak dapat menyerang server sobat karena IP Adressnya yang asli tidak di ketahui.
  • Ada fitur tambahan untuk melindungi  website sobat dar serangan DDoS.
  • Jika server VPS sobat down, CloudFlare akan terus melayani cached data website sobat sampai situs kembali normal.
  • Sobat dapat memblokir akses situs dari daerah atau negara tertentu secara custom, jika website sobat banyak serangan dari negara2 tertentu.
  • CloudFlare menawarkan layanannya secara gratis dan memungkinkan sobat untuk tambah domain sekaligus lebih dari satu.
  • Membuat cache situs sehingga sumber daya untuk memuat situs lebih cepat dan mengurangi beban server.

Kerugian menggunakan CloudFlare

  • Karena CloudFlare bertindak sebagai penengah, jika CloudFlare down, situs juga akan down, bahkan jika web hosting sedang bagus.
  • CloudFlare memungkinkan sobat untuk mengubah keamanan website menjadi aman dengan fitur “I am under attack” mode, yang memblokir serangan dari DDoS. Tapi juga memblokir semua robot search engine.

Bagaimana mengaktifkan CLoudFlare pada VPS Hosting?

Sebenarnya cara mengaktifkan cloudflare sangat mudah, tinggal daftar terlebih dahulu, lalu masukkan domain ke alamat yang di berikan tinggal tunggu sampai prosesnya selesai, jika sudah tersambung, maka cloudflare akan memberikan DNS untuk di pasang ke domain kita.

Dan apakah VPS akan tersambung tanpa claoudflare?

Sebenarnya jika menggunakan VPS digitalocean sobat tidak perlu menggunakan CDN ini karena digitalocean sudah memberikan Nameservernya, tapi ada juga vps unmanaged yang sangat sulit untuk buat nameserver, maka solusi terbaik untuk menghubungkan domain ke vps ya harus menggunakan cloudflare, ini sangat baik untuk kecepatan website dan juga proses ping saat pindah vps sangat cepat, jika tanpa cloudflare ketika domain melakukan perubahan nameserver maka butuh 24 jam tampilan situs berubah.

Berikut Cara setting dns cloudflare VPS ke domain dengan bantuan cloudflare

  • Simpan IP address Server VPS Sobat terlebih dahulu, sobat bisa daftar cloudflare disini
  • setelah itu masukkan domain name, jika disuruh memasukkan nameserver ke domain, silahkan login ke akun domain sobat, tinggal setting nameservernya sesuai yang diberikan oleh cloudflare, tinggal tunggu sekitar 24 jam untuk proses pergantian nameserver, ada yang cepat ada juga lama.
  • jika proses selasai dan ketika domain berubah nameservernya maka tinggal ganti nameserver yang ada di cloudflare dengan IP server sobat. maka proses penyambungan VPS ke domain selesai.

Saran IDpoin ketika beli domain buat saja dns secara default di namesilonya ya, setelah domain aktif tinggal ganti dnsnya ke server sobat, baru jika tersambung sobat bisa buat website wordpressnya dah.

untuk pembelian domain dan VPS Murah, silahkan baca terlebih dahulu di artikel dibawah ini

Seperti biasa terima kasih sudah membaca artikel yang berjudul:

Cara setting dns cloudflare untuk VPS tanpa perlu Ribet

dan jika artikel ini bermanfaat, jangan sungkan2 untuk membagikannya ke media sosial dibawah ini ya

buat dns domain di cloudflare buat website paling seo cara buat website ringan di akses cdn cloudflare mempercepat loading website seting domain di cloudflare

Posting Terkait