Apa Itu Web Server? Dan Apa Fungsinya Untuk Website

490 views

apa itu web server

Ulasan singkat apa itu web server? dan apa tugasnya untuk website

Seperti ilustrasi gambar di atas IDpoin mencoba mengulas secara gampang yang menurut IDpoin tahu, yang jelas semua pengertian pasti akan berbeda dari segi penulisan meskipun maksudnya sama.

Web Server itu merupakan sebuah software yang memberikan data dengan fungsinya menerima permintaan HTTP atau HTTPS dari pengguna dengan menggunakan web browser dan mengirim kembali data tersebut dalam bentuk halaman halaman website, yang biasa berbentuk PHP, HTML, dan sebagainya. Sedangkan fungsi utama Web Server adalah mentransfer berkas atas permintaan pengguna melalui protokol yang telah di tentukan, yang di dalamnya terdiri dari teks, gambar, video, dokument dan lain sebagainya dengan bantuan web browser, web server akan merespon balik dengan mengirim halaman web dan berkas berkas pendukung lainnya yang melengkapi tampilan web tersebut, dan bisa menolak permintaan jika halam tidak tersedia. Saat ini pada umumnya web server sudah di lengkapi dengan mesin penerjemah script yang menyediakan layanan situs web dinamis dengan memanfaatkan bahasa script seperti ASP dan PHP. Server web saat ini tidak hanya untuk di gunakan dalam web WWW, tapi banyak pula dalam perangkat keras lain seperti kamera web, router, printer dan lain sebagainya.

sedangkan DNS Server adalahserver yang tersambung ke DNS (Domain Name System), sedangkan DNS Server berfungsi untuk menjalankan perangkat lunak jaringan khusus yang menerjemahkan alamat IP yang berisi database, nama jaringan maupun hostname internet. Dalam webhosting pasti akan menemukan alamat DNS yang berbentuk angka yang di pisah dengan titik, dan ada juga nama hostname, jika kita beli domain di luar hosting maksudnya beli domain dan hosting secara terpisah, maka domain memerlukan DNS server untuk menyambungkan database ke domain tersebut yang nantinya akan di sajikan dalam bentuk halaman web, yang sudah di buat dan di atur dengan bagus dihosting tersebut. jadi tugas domain adalah menampilkan halaman secara penuh dengan tampilan yang dinamis.

sedangkan tugas internet adalah menyambungkan jaringan komputer pengguna ke komputer server agar saling terhubung dengan menggunakan TCP/IP untuk melayani pengguna seluruh belahan dunia. istilah gampangnya adalah sebagai mediator kamu dengan si dia, tapi dalam pihak penengah, internet tidak pernah pagar makan tanaman loh, dia iklhas sebagai pengikat antara keduanya, hehehe.. jika selingkuh maka tidak akan tersambung dan akan mentok di internet doang.

Kalo web browser mungkin sudah pada tahu jika web browser ini bertugas untuk menampilkan halaman situs secara dinamis, yang bisa di akses dari komputer kamu atau handphone kamu, dengan bermacam fitur yang sudah ada di dalamnya. Jadi jika ingin punya situs yang bisa di akses oleh banyak orang maka komponen di atas itu adalah sahabat sejati yang tidak bisa dipisahkan, karena mereka saling melengkapi. dari beberapa ulasan singkat diatas sudah mengertikan dasar dasar jaringan dalam membangun sebuah situs, agar nantinya tidak kebingungan ketika sudah terjun ke dunia web master.

Jika ingin mengetahui istilah istilah populer yang sebenarnya sudah tahu tapi tidak memahaminya, silahkan untuk lihat2 artikel lain yang IDpoin tulis secara singkat tapi mudah di pahami kok. jika sahabat sudah baca semua isi artikel IDpoin maka untuk terjun ke dunia web master bagi pemula akan mudah mengaplikasikannya, karena jika hanya membaca tanpa praktek itu sama saja dengan mimpi, sedangkan praktek tanpa pengetahuan dasar itu seperti berjalan di siang hari dengan mata tertutup, gelap atuh, hehehe… (nggak segitunya kale… xixixixi)

Pengetahuan tambahan silahkan lihat artikel dibawah ini:

Seperti biasa, silahkan klik share untuk temanmu yang ingin juga mengetahuinya.

 

Pencarian artikel untuk:

“pengertian apa itu web server dan juga fungsinya untuk situs”

cukup sekian ulasan singkatnya dan silahkan untuk mencari cari pengetahuan lain di artikel dibawah ini ya

dns server internet perlengkapan situs protocol web hosting web server

Posting Terkait