Apa Itu Vps Hosting? Dan Apa Kelebihannya?

515 views

Apa Itu Vps Hosting Terbaik

Apa itu VPS Hosting? Dalam benak kita pasti bertanya seperti itu

Bagi pemula yang bergelut dunia blog pasti akan bertanya tanya apa itu VPS Hosting? sedangkan yang marak di internet dan cukup terkenal itu adalah Share Hosting, coba kita kembali ke awal yang pertama kali kita tahu apa situs? dan apakah situs itu gratis atau bayar? jawabanya adalah bisa gratis dan bisa bayar. yuk kita bahas satu satu biar sedikit mengerti.

  1. Situs Web
    adalah halaman situs web yang saling berhubungan pada umumnya berada pada data server di komputer yang di onlinekan baik itu berisi informasi, file media dan lainna yang telah disediakan secara pribadi, organisasi  atau perusahaan.
  2. Domain
    adalah alamat situs yang dipergunakan untuk mempermudah pengunjung mengingat alamat domain kita, domain itu ibarat gampangnya menurut IDpoin adalah sebuah alamat. contohnya ketika kita sewa kamar kost di rumah susun, yang jelas kamar kost kita ada nomernya entah di tempel depan pintu kamar kost atau di atas pintunya, tujuannya adalah mempermudah seseorang untuk mengenali kamar kost kita, misalnya Kamar kost kita bernomor ( A 05) jadi kita anggap domain adalah kamar kost kita bernomor A 05, kita anggap gampangnya nomor  kost kita itu alamat domainnya. yuk lanjut bacanya. meskipun rada rada puyeng
  3. Hosting
    adalah suatu ruang atau tempat di internet yang digunakan untuk menyimpan data data situs kita. Baik itu situs pribadi, situs blog, situs perusahaan, dan lainnya. Agar banyak orang bisa mengaksesnya secara online yang tersimpan dalam suatu host. Contoh gampangnya adalah hosting itu di ibaratkan kamar kost kita yang ada di (A 05) di pembahasan di atas. nah disini sudah sedikit jelas jika domain adalah nama tempat makar kost kita, sedangkan Hosting adalah kamarnya, Hosting ini hanya bisa disewa, ya yang namanya juga sewa, baik domain dan hosting ada batas waktu dan aturan penggunaanya loh, dan untuk pembayaran sewa domain itu dibayar setiap tahun tapi untuk hosting pembayarannya ada yang perbulan, per 3bulan, per 6bulan bahkan ada yang pertahun sedangkan aturannya adalah tidak boleh melanggar yang sudah di tentukan oleh pihak penyedia tersebut.
    Hosting ini di bagi menjadi 3 macam menurut IDpoin, diantaranya adalah:

    1. Share hosting
      adalah hosting yang digunakan bersama sama dengan pengguna lain dalam satu host tersebut, ibarat kita punya teman dalam kamar kost, misalnya kamar kost kita disewa dengan patungan sama teman sebanyak 4 orang. ya untuk meringankan beban bulanan kita kan. untuk penggunaan fasiltas kamar kost ya kita harus berbagi, baik kamar mandi, lemari, tempat tidur dan sebagainya yang ada di dalam kamar kost tersebut. Sama halnya dengan Share hosting baik penggunaan RAM, CPU, dan Bandwidth server tidak melebihi batas penggunaan, maka dari itu share hosting harganya sangat terjangkau alias murah meriah, karena dibagi bersama.
      Share Hosting ini cukup bagus bagi pengguna blog pribadi, tapi semakin berjalannya waktu dengan konten sudah mulai banyak dan pengunjung web juga semakin rame mengunjungi web kita, tidak luput kemungkinan web kita sangat berat di akses karena kelebihan penggujung, jika ini terus terjadi maka akun kita di suspended oleh pihak penyedia hosting tersebut. hal ini sangat merugikan kita yang sudah baik dimata google malah di tumbangkan seketika gara-gara muatan terlalu berat. nah disinilah kita harus berpikir untuk pindah ke VPS Hosting. yuk bahas dulu apa itu vps ?
    2. Virtual Private Server
      adalah server pribadi yang di kenal dengan nama VPS (wah sudah sampai kembahasan inti nich). Yuk lanjut bahas arti apa itu vps hosting?, VPS adalah hosting pribadi yang lebih leluasa kita menggunakannya. di ibaratkan kita sudah tidak nyaman di kamar kost yang banyak temannya, baik penggunaan fasilitas kamar yang dibagi bersama dan kurang leluasa, saatnya untuk pindah ngekost sendiri langsung pindah kamar sebelah (A 06), vps ini di ibaratkan kamu ngekos sendirian, jadi bisa menggunakan fasiltas kamar sesuka hatimu, sama seperti di VPS. penggunaan RAM, CPU, Bandwidth bisa kita sewa sesuai dengan kantong kita. tapi sebelum melangkah jauh tentang vps yuk bahas hosting yang lebih kuat lagi.

      Sekarang sudah paham apa itu vps hosting?

    3. Dedicated Server
      adalah hosting yang di sewa seluruh server dan tidak dibagikan dengan siapa pun, di ibaratkan kita sewa rumah susun tersebut secara pribadi, pastinya sangat mahal.

Dari paparan singkat apa itu vps hosting? diatas mudah mudahan bermanfaat dan sedikit menengetahui jenis hosting khususnya VPS hosting. jika penasaran dengan server IDpoin ini kami menggunakan VPS Hosting dan CMS wordpress.org, untuk pembahasan cara beli domain murah, vps murah dan cara install wordpress.org di vps, kami sudah bahas di artikel terpisah. silahkan kunjungi di artikel khusus ya, kami akan bahas sesederhana mungkin.

hosting kekurangan vps kelebihan vps vps vps hosting murah vps vs shared hosting

Posting Terkait