Apa itu Algoritma Google Panda, Penguin, dan Hummingbird

514 views

Algoritma Google Panda, Penguin, dan Hummingbird

Mengenal Apa itu Algoritma Google Panda, Penguin, dan Hummingbird

Kali ini IDpoin akan membahas apa itu Algoritme Google yang sering bertingkah nyeleneh untuk Page Rank sebuah situs, kadang naik secara cepat kadang juga turun terjun bebas, bahkan ada yang gak pernah di index sama sekali oleh si google, berikut tiga jenis algoritme google yang suka menghampiri situsmu

Algoritma Google dan mesin pencari lainnya dibuat dengan alasan yang sederhana, bahwa pencari menginginkan jawaban yang paling relevan atas pertanyaan mereka dari triliunan halaman web yang beredar di internet. Jadi Algoritma Google terstruktur untuk mencapai 3 hal:

  1. Singkirkan halaman yang tidak relevan.
  2. Kumpulkan halaman yang relevan.
  3. Kombinasi halaman yang relevan untuk menemukan yang paling relevan

Karena tidak ada satu faktor pun yang cukup memadai untuk mendapatkan ketiga hal tersebut di atas, maka mesin pencari menggunakan begitu banyak algoritma yang menghitung ratusan faktor. Rumus Algoritma ini tidak pernah diumumkan; Tapi melalui banyak eksperimen, para praktisi SEO di luar sana menyimpulkan beberapa faktor umum, seperti:

  1. Kualitas link: Nomor, kualitas, dan anchor text yang digunakan pada link masuk.
  2. Faktor onpage: Judul tag, Desain responsif, kecepatan pemuatan halaman, struktur halaman, dll.
  3. Parameter Merek: Seberapa terkenalnya merek bisnisnya, dan seberapa sering brand tersebut dikutip di dunia maya.
  4. Konten: Kualitas konten, frekuensi pembaruan, jumlah kunjungan dan jumlah yang dibagikan di media sosial

Satu hal yang perlu Anda ketahui saat Anda baru belajar SEO adalah faktor-faktor ini bersifat dinamis dan bisa berubah sewaktu-waktu. Karena itu ada sekelompok orang yang disebut aktor SEO, mereka yang menghabiskan waktu mereka mengamati perubahan yang terjadi di search engine. Perubahan paling penting dalam algoritme Google selama 4 tahun terakhir telah berada di 3 algoritma utama; yaitu burung Hummingbird, penguin dan panda, dan dalam artikel ini Anda akan belajar mengenal ketiga apa itu algoritma Google ini.

1.Google Hummingbird

Google Hummingbird adalah algoritma utama google yang dibuat dengan menambahkan pentingnya penggunaan perangkat mobile yang sedang dicari. Dengan masuknya burung kolibri, faktor desain responsif menjadi lebih penting dari sebelumnya. Jadi sekarang sangat penting untuk memastikan halaman situs web kita responsif terhadap semua ukuran layar gadget. Selain menambahkan pentingnya halaman web yang mobile-friendly, algoritma hummingbird juga mengenalkan konsep pencarian kontekstual. Jadi Google sekarang tidak hanya menampilkan hasil pencarian berdasarkan kata kunci yang kita masukkan tapi juga tentang kata kunci yang sangat kuat kaitannya dengan kata kunci yang kita masukkan.

Jadi sekarang orang bisa bertanya secara verbal di smartphone mereka dan Google mencoba memahami konteks pertanyaannya. Bisa jadi pertanyaan memasukkan kata kunci “tips fotografi” dan Google juga mencari hasil fotografi kata kunci, fotografer, kamera, dll. Jadi sangat penting untuk membuat artikel Anda penuh dengan sinonim atau kata lain yang sering dikutip di topik, sehingga Anda juga mendapatkan peluang dalam pencarian kontekstual. Era di mana kata kunci yang diulang dengan kekakuan dan pembesarnya selesai. Tidak hanya itu tidak menguntungkan dari sisi SEO, tapi juga membuat pembaca sangat tidak nyaman membaca tulisan kita. Jadi ini adalah algoritma peringkat halaman web Anda di hasil pencarian. Namun, sebelum halaman web Anda sampai di meja penilaian “kolibri”, semua halaman web tersebut harus lulus dari algoritma Panda dan Penguin berakhir.

2.Google Panda

Alogaritme Google Panda adalah algoritma yang membantu burung kolibri untuk menyortir faktor onpage dari sebuah halaman web. Ada cukup banyak orang yang dulunya mengandalkan spammy halaman web dan mengulang kata kunci yang kemudian kandas dan mengalami kesulitan untuk mendapatkan peringkat dalam kata kunci yang sangat tinggi persaingannya. Halaman spamnya dan susun kata kunci seperti ini masih bisa ditemukan di 10 besar pada kata kunci dengan persaingan rendah atau kata kunci yang didominasi oleh halaman web berisi spam. Jadi Panda adalah semacam satpam di pintu yang memastikan halaman web Anda tidak melanggar peraturan Google. Hanya halaman web yang memenuhi standar algoritma google panda ini saja yang bisa masuk ke penilaian lebih lanjut dalam algoritma hummingbird. Dengan kata lain mereka yang tidak lulus penilaian tidak akan masuk dalam halaman hasil pencarian dan ini disebut sebagai Penalti atau hukuman dari Alogaritme Google Panda. Anda tidak akan bisa keluar dari hukuman Alogaritme Google Panda sampai Anda menyelesaikan masalah pada onpage Anda.

Algoritma Google Panda diputar di area onpage untuk menentukan seberapa dapat dipercaya sebuah halaman website, Algoritma Google Panda menentukan beberapa hal, seperti:

  1. Kesegaran halaman,
  2. Apakah ada artikel duplikat konten baru Anda?,
  3. Apakah ada kesalahan pengetikan?,
  4. Apakah ada info unik dan penting di halaman?,
  5. Apakah halaman berisi spam dan penumpukan kata kunci?

Ke 5 hal ini dapat mempengaruhi kualitas halaman Anda dalam peringkat Alogaritme Google Panda. Tentu ada banyak faktor lain seperti otoritas Anda secara tertulis, namun di Indonesia hal seperti itu masih langka.

3.Google Penguin

Algoritma penguin dibangun untuk mengantisipasi pengembangan teknik black hat dari teknik link building. Jadi jika algoritma Panda diputar di ONPAGE, maka algoritma Penguin akan diputar di OFFPAGE dan melacak kualitas backlink. Untuk memastikan anda aman dalam melakukan link building maka ada 4 hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan link building:

  1. Apakah backlink berasal dari situs berkualitas tinggi? Bukan website baru yang dibuat kemarin hanya untuk menjadi backlink untuk web yang dioptimalkan.
  2. Apakah backlink berasal dari halaman yang relevan? Dimana link berada di antara teks yang menangani masalah.
  3. Apakah backlink itu berasal dari web yang juga memiliki profil bagus? Dan bagaimana profil backlink secara menyeluruh dari web kita sendiri?
  4. Apakah backlink yang datang ke website anda berbeda-beda dalam segala hal, apalagi anchor text yang mengandung kata kunci?

4 di atas adalah apa yang perlu menjadi perhatian utama bagi mereka yang melakukan link building. Mengapa ini menjadi perhatianmu? Karena sangat sulit keluar dari algoritma pinguin penalti jika sudah terpapar. Anda harus membersihkan backlink Anda dengan target yang tepat, jika tidak situs Anda tidak akan pernah keluar dari hukuman.

Ringkasan

Jadi sampai 2017 ketiga apa itu algoritma google di atas ini menjadi fokus utama para pemain SEO. Jika Anda ingin pengoptimalan Anda baik-baik saja, maka cobalah hindari hal-hal yang termasuk dalam kategori spam di setiap algoritme. Tentu untuk bisa mendapatkan rangking Anda tidak hanya harus menghindari yang terlarang tapi juga melakukan apa yang dibutuhkan, agar situsmu sobat lebih SEO.

Dan seperti biasa terima kasih sudah membaca artikel ini ya

Tingkah Aneh apa itu Algoritma Google Panda, Penguin, dan Hummingbird

dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini ya sobat, Salam IDpoin

algoritma google panda 2017 algoritma google panda update seo apa itu algoritma google google Hummingbird google panda google Penguin google update terbaru mengenal algoritma google panda

Posting Terkait